5 Tips Jitu Bagi Anda Yang Sedang Memulai Usaha Percafean

Kian meningkatnya jumlah masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas di Indonesia, berakibat juga kepada perubahan perilaku konsumsi mereka. Umpamanya ini ditAndai dengan perilaku gaya hidup masyarakat yang sering kali mengunjungi sebuah resto cuma untuk sekadar makan dan minum maupun nongkrong dengan sahabat dekat. Malahan beberapa lagi mengunjungi sebuah restoran cuma untuk berfoto-foto supaya dibilang ‘kekinian’.



Pertumbuhan resto di beraneka kota besar kian banyak dan kencang. Dari yang berukuran kecil sampai berukuran besar. Maraknya kafe ini kerap kali kita temui diberbagai tempat yang letaknya dekat dengan sentra pengajaran. Pemilihan lokasi restoran yang dekat dengan sentra pengajaran bukan tanpa alasan. Dengan dekat sentra pengajaran, berarti lokasi hal yang demikian pasti banyak si kecil muda yang mau memperlihatkan eksistensinya. Entah sekadar makan, minum, hangout, maupun kerja golongan.



Tentu saja hal ini membikin kompetisi bisnis di industri kafe kian ketat. Berbisnis resto tak lagi cuma perihal memasarkan rasa makanan atau minuman kepada pelanggan. Lebih dari itu, bisnis resto juga di harapkan menyediakan tempat ataupun pelayanan cafe yang menyenangkan.

Untuk itu bagi Anda yang sedang atau mau melaksanakan bisnis kafe, dibawah ini akan dipaparkan kiat dan trik ampuh untuk pemasaran bisnis resto Anda, yang dapat menjadi ide dalam menggunakan taktik pemasaran yang cermat menarik banyak pelanggan:



1. Observasi Konsep Kafe



Para pelanggan yang datang ke sebuah kafe, tidak dilalaikan lagi bukan cuma sekadar memenuhi keperluan makan dan minumnya, tetapi lebih dari itu mereka berkeinginan memenuhi keperluan gaya hidup. Sehingga yang pertama kali mereka akan lihat ialah eksterior, interior, dan konsep restoran hal yang demikian secara keseluruhan.  jika anda memiliki tempat cafe yang minimalis anda bisa menerapkan konsep cafe outdoor dengan menggunakan perabor furniture kursi cafe bulat supaya anda bisa menempatkan lebih banyak kursi.

Karenanya buatlah sebuah konsep restoran yang unik dan memenuhi keperluan mereka. Mulai dari nama resto, warna, malahan sampai eksterior dan interior yang layak diterapkan untuk foto-foto para pelanggan kafe. Sebagai model Anda dapat memakai desain ekterior dan interior dari gaya resto di Italia, Inggris maupun Belanda.



2. Sajikan Menu yang Unik



Bila konsep kafe yang Anda buat itu menarik, karenanya akan menjadi salah satu alasan bagi calon pelanggan untuk datang ke resto Anda. Buatlah nama menu sajian resto Anda yang unik, dengan cita rasa khas yang akan menjadi ciri khas dari resto Anda. Dengan keunikan dari menu Anda, akan membikin orang dengan gampang mengingat restoran Anda. Contohnya itu berpeluang membikin resto Anda mulai didiskusikan dari mulut ke mulut pelanggan sebab keunikan menu Anda.



Menu makanan dan minuman dapat Anda adopsi dari dalam ataupun luar negeri. Resto Anda dapat mengadopsi makanan dari Afrika Selatan, Russia, Argentina yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa supaya sesuai dilidah masyarakat Indonesia.



Dan tidak cuma itu pastikan juga presentasi makanan dan minuman yang Anda jual di tata sekreatif mungkin, dan tidak hanya menyajikan menu makanan yang unik selain itu bisa dengan dekorasinya yang menarik seperti kursi cafe, meja cafe, ataupun yang lainnya,  sehingga pelanggan Anda tak ragu untuk memotret dan menyebarkannya melewati sosial media.



3. Program yang Menarik




Kafe berbeda dengan toko makan atau cafe pada lazimnya. Beberapa suatu tawaran menarik lainnya yang membikin pelanggan patut datang ke daerah Anda. Program menarik ini umpamanya seperti, Anda menyediakan titik khusus di restoran Anda yang dapat diterapkan oleh pelanggan Anda untuk berfoto; mengadakan kontes foto makanan atau minuman dengan reward tertentu; mengadakan promo harga setiap hari tertentu, dan sebagainya.



4. Manfaatkan Media Sosial



Maka besar sasaran pasar dari bisnis resto merupakan umur muda yang demikian itu akrab dengan media sosial. Karenanya hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menarik mereka datang ke restoran Anda. Anda dapat membikin akun official media sosial resto Anda di Instagram, Facebook ataupun media sosial yang lain.



Dengan pemanfaatan media sosial ini, Anda dapat pakai untuk media promosi dan info dari kafe Anda. Sehingga orang dapat dengan gampang mencari eksistensi online dari restoran Anda.

5. Sosial Sama dengan Bekerja




Kelompok sama dengan kelompok sosial yaitu sinergi simbiosis mutualisme. Anda dan kelompok sosial akan sama-sama diuntungkan. Anda dapat menyediakan daerah khusus di restoran Anda yang dapat disewa oleh kelompok sosial apa saja untuk mengadakan meet up, gathering atau aktivitas lainnya. Dengan menghimpun suatu kelompok sosial, Anda akan mempunyai jaringan pelanggan yang setia. Mungkin Anda tak asing lagi dan kerap menemukan bahwa sebuah kafe umumnya diwujudkan fanbase kelompok sosial tertentu, misalkan kelompok sosial suporter bola yang mengadakan nonton bareng atau kelompok sosial lettering yang mengadakan coaching clinic di kafe Anda, dan sebagainya.



Dengan kiat dan trik diatas, bila dapat menginspirasi Anda untuk langsung mempraktekkannya di bisnis kafe Anda. Tunggu apalagi, selamat berkreasi demi kwalitas resto Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tempat Rekomendasi Kunjungan Saat Puasa

Biar Para Tamu Makin Nyaman, 7 Ide Dekorasi Tanaman Hias di Ruang Tamu Ini Perlu Kamu Terapkan